Rabu, 23 Oktober 2013

Aku Bangga Aku Tahu

  Ada sebuah kisah pengalaman tragis tentang seorang teman yang cerdas, baik banget dan rendah hati...Namun sayang..dia meninggal setahun lalu..
Namanya Dira (nama samaran). Dira itu baik banget, jago maen gitar. Dan kalau ada temannya yang kesusahan dan butuh pertolongan, dia pasti langsung datang membantu semampunya. Karena terlalu baik, seringkali Dira tidak bisa menolak permintaan teman-temannya. Apalagi kalau yang mengajak itu adalah orang terdekat. Ya tidak heran lah, kalau Dira punya banyak teman.

Kondisi dira tidak lah mudah, ibu nya meninggal ketika dia masih kecil, yaaa... mungkin pengalaman traumatik itu lah yang membuat dira untuk tidak mau lagi kehilangan orang yang dia sayangi. Tp kelebihan Dira itu juga lah yang menjadi kelemahannya, dia tidak suka mengecewakan sahabat nya. Repotnya ada juga teman yang menyesatkan. Seperti..mengajak dia untuk mencoba yang namanya narkoba. Makin lama..dira makin dalam terjerat narkoba dan hanyut dalam pergaulan sex bebas. Menurut seorang teman yang pernah jadi pevandu narkoba, dia pernah ikut pesta bareng Dira and the Gank, mereka mabok..trus yaa..akhirnya pesta narkoba deh. Mereka berbagi narkoba dengan alat suntik yang pake nya ganti-gantian, ya katanya sih itu bentuk solidaritas.  Setelah Dira meninggal itu lah perlahan sisi gelap kehidupannya juga terkuak. Gaya hidup yg bebas tanpa batas itu lah yang membuat Dira terkena HIV AIDS yang pada akhirnya merenggut hidupnya.

HIV AIDS berpindah dari si pembawa ke orang lain melalui 3 jenis cairan tubuh, yaitu darah, cairan kelamin (cairan vagina dan sperma) dan Ais Susu Ibu (ASI).
HIV juga bisa masuk kedalam tubuh melalui Transfusi Darah dan pemakaian alat suntik yang tidak steril karena sudah tercemar darah yang mengandung HIV.  HIV juga bisa ditularkan melalui hubungan sex dengan penderita HIV dan AIDS, dan tentunya ibu yang terinfeksi HIV juga bisa menularkan kepada anaknya ketika dalam kandungan, saat  melahirkan dan saat menyusui. Tapi AIDS tidak menular melalui gigitan nyamuk, sentuhan kulit, keringat atau melalui cairan tubuh yang lain seperti air liur dan ingus.
HIV juga tidak bisa ditularkan melalui kotoran manusia, karena tinja dan air seni tidak bisa ditumpangi HIV. Jadi, Oke aja kalo kita olahraga seperti berenang ditempat yang sama atau makan bareng dengan minum digelas yang sama dengan penderita AIDS.

Sampai saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit HIV AIDS. Aku Cuma ingin agar teman-teman tahu tentang AIDS, dan bagaimana cara menghindari serangan virus HIV yang ganas. Jangan sampai AIDS membuyarkan impian kita, apalagi sampai nyawa taruhannya.

AIDS itu disebabkan oleh virus HIV, jadi HIV itu adalah virus yang menyebabkan AIDS. Ketika HIV masuk kedalam tubuh kita. Virus ganas ini menghancurkan sistem kekebalan tubuh. Orang yang  telah terinfeksi HIV bisa menularkan kepada orang lain, walaupun ia sendiri tampak sehat, dan tidak menunjukkan gejala penyakit apapun.  Seseorang dikatakan menderita AIDS jika kekebalan tubuhnya telah rusak dan tidak mampu melawan setiap penyakit yang masuk kedalam tubuhnya. Dan menunjukkan tanda-tanda dari sebuah penyakit yang memerlukan pengobatan, setelah sekian waktu fisik nya tidak mampu lagi melawan penyakit yang masuk kedalam tubuhnya. Nah..saat itu lah maut bisa datang kapan saja.

Tubuh kita itu seperti sebuah kota yang yang dilindungi oleh benteng, untuk melindungi kota dari musuh diperlukan pasukan dan benteng yang kuat. Begitu juga dengan tubuh manusia, didalam tubuh para komandan pasukan sistem kekebalan tubuh disebut Sel CD4-T atau biasa dsebut sel darah putih. Mereka lah yang mengatur pasukannya menangkal serangan beragam musuh, salah satu musuh itu adalah Virus. Virus ada banyak, misalnya flu, campak. Namun yang paling ganas adalah virus HIV.  Kalau virus ini masuk kedalam tubuh, HIV bisa membunuh komandan pasukan atau Sel CD4-T. Tanpa komandan maka para prajurit bingung dan tidak mampu melawan penyakit.  Dan saat itu lah HIV akan memperbanyak diri, dan menghancurkan sistem kekebalan tubuh. Dalam kondisi seperti ini, korban tersebut akan HIV positif. Namun banyak penderita tidak sadar dia menderita HIV, soalnya mereka akan terlihat normal-normal aja. 

Nah..saat sistem pertahanan tubuh hancur, dan tidak lagi bisa melawan virus yang masuk kedalam tubuh, keadaan ini lah yang dinamakan AIDS. Orang yang terkena AIDS akan menjadi rapuh, serangan yang lemah saja bisa berakibat fatal bahkan menyebabkan kematian. AIDS tidak akan pilih-pilih korban.

Berapapun usianya, laki-laki, perempuan, semuanya perlu mengenal AIDS dan mewaspadainya. Kalau kamu tidak menggunakan narkoba juga tidak melakukan sex bebas, kamu bisa tenang. Seperti yang aku jelaskan tadi penularan HIV bisa lewat transfusi  darah, atau pemberian ASI. Tapi di Indonesia penyebab utama penularan HIV adalah lewat pemakaian jarum suntik yang tidak steril dan hubungan sex dengan penderita HIV. Makanya kita perlu hati-hati karena jika kita terlular HIV AIDS, tidak ada obatnya.  Sesal kemudian, nggak ada gunanya lho..

Nah..aku harap teman-teman yang baca postingan ku kali ini, tidak akan merasa sungkan atau malu bertukar informasi mengenai bahaya HIV AIDS. HIV AIDS  itu bukan kutukan, sehingga kita tidak perlu malu membagi pengetahuan tentang HIV AIDS karena secara tidak langsung kita telah menjaga diri kita sendiri dan lingkungan disekitar kita untuk lebih peduli sehingga kita terhindar dari AIDS.
Semoga kisah seperti Dira tidak terulang lagi, dan kita bisa menjaga diri kita sendiri.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar